Sektor fintech telah menjadi salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Namun seiring dengan pertumbuhan yang kuat tersebut, muncullah kejenuhan dan persaingan yang ketat.
Selain persaingan yang semakin ketat, fintech juga menghadapi tantangan serius lainnya dalam memperoleh pelanggan baru – rendahnya literasi keuangan, ketidakpercayaan terhadap lembaga keuangan, dan kesulitan dalam meyakinkan pelanggan untuk keluar dari sistem tradisional.
Dalam konteks ini, pemasaran konten fintech menghadirkan kekuatan yang berguna – kemampuan untuk mengedukasi pelanggan baru sekaligus membangun kepercayaan dan loyalitas.
Berikut ini, kami mempertimbangkan tiga alasan utama mengapa pemasaran konten fintech harus menjadi prioritas perusahaan fintech.
Untuk membangun kepercayaan
Kita hidup di dunia pasca krisis keuangan tahun 2008/2009. Mengingat krisis tersebut membuat banyak orang masih sulit mempercayai lembaga keuangan.
Hal ini dapat dimengerti karena wajar jika orang ingin melindungi uangnya. Mereka perlu yakin bahwa mereka memberikan/menyimpan uang mereka kepada/kepada orang-orang yang dapat dipercaya dan tidak akan menipu atau ceroboh dalam hal itu.
Oleh karena itu, mengingat bagaimana fintech menghasilkan uang, membangun kepercayaan di antara pelanggan dan calon pelanggan Anda adalah investasi yang berharga.
Pemasaran konten Fintech adalah salah satu cara untuk melakukan hal ini.
Pertama, Anda harus secara konsisten meyakinkan pelanggan bahwa Anda mengikuti pedoman peraturan dan keamanan siber yang diperlukan. Kapan pun fintech atau lembaga keuangan tradisional mengalami kendala dalam hal regulasi atau keamanan siber, ini adalah peluang untuk meyakinkan pelanggan Anda akan komitmen Anda terhadap standar tertinggi melalui publikasi blog, video, dan postingan media sosial yang konsisten, dan lain-lain.
Kedua, Anda harus secara konsisten menunjukkan keahlian dan kepemimpinan industri Anda. Memiliki niat baik saja tidak cukup, Anda juga harus terlihat sangat pandai dalam melakukan apa yang Anda lakukan. Menerbitkan blog dan whitepaper kepemimpinan industri akan mengonfirmasi kepada pelanggan Anda bahwa mereka telah memilih layanan yang tepat – sehingga membangun kepercayaan.
Untuk mengedukasi pelanggan
Meskipun banyak fintech berbicara tentang jumlah pendaftaran mereka, retensi pengguna tidak selalu menghasilkan cerita yang bagus.
Pada tahun 2021, Business2Community mencatat bahwa rata-rata tingkat retensi tahunan untuk aplikasi fintech hanya sebesar 16%.
Masalah ini masih berlanjut hingga hari ini. Menurut Adjust, sebuah perusahaan analitik, tingkat retensi hari pertama untuk aplikasi fintech adalah 22%.
Meskipun masalah ini telah dibahas dari perspektif UI/UX, tidak dapat disangkal bahwa ketidakmampuan pelanggan untuk memahami cara kerja aplikasi merupakan salah satu kontribusinya.
Pemasaran konten Fintech dapat berkontribusi dalam memecahkan masalah ini. Dengan memublikasikan artikel dan video yang mengedukasi pengguna tentang cara menggunakan aplikasi dan semua hal yang dapat mereka lakukan melalui aplikasi, Anda dapat meningkatkan tingkat retensi karena mereka menganggap aplikasi Anda lebih bermanfaat.
Selain itu, Anda harus mendidik pelanggan dan calon pelanggan tentang apa yang Anda lakukan. Jika aplikasi Anda ditujukan untuk manajemen investasi, Anda harus mendidik mereka tentang berbagai prinsip investasi, misalnya.
Untuk menciptakan loyalitas merek
Pemasaran konten Fintech adalah cara lain untuk membangun hubungan yang berkembang dengan pelanggan Anda.
Menurut para pemasar, menjadi top of mind berarti menjadi top of heart. Orang yang sering berkomunikasi dengan Anda adalah orang yang paling Anda ingat.
Demikian pula, komunikasi terus-menerus dengan pelanggan Anda melalui berbagai media konten dapat membantu mereka terhubung dengan merek Anda dan membangun loyalitas merek.
Mengingat sifat kompetitif dari dunia fintech, loyalitas merek dapat membantu Anda mengurangi tingkat churn dan meningkatkan tingkat retensi Anda. Karena mendapatkan pelanggan baru 5X lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan lama, dampak finansial dari pemasaran konten dalam hal ini bisa sangat signifikan.
Selain itu, loyalis merek cenderung menjadi penginjil merek — berbicara positif kepada orang lain tentang merek Anda.
Dengan adanya ketiga alasan tersebut, fintech Anda tidak hanya harus memprioritaskan pemasaran konten fintech, tetapi juga harus menyerahkannya pada tangan yang terbaik.
Mint Position adalah agensi SEO fintech yang terampil dan berpengalaman bekerja dengan berbagai jenis fintech di seluruh dunia.
Mereka menggunakan pengetahuan spesifik industri mereka untuk membantu fintech membangun kepercayaan, mengedukasi pelanggan, menciptakan loyalitas merek, dan memenangkan pelanggan baru di dunia fintech yang kompetitif.
Dengan spesialis fintech, Anda bisa mendapatkan hasil pemasaran konten berkualitas sambil tetap mematuhi dan menggunakan praktik terbaik SEO di niche fintech unik Anda.